Monday 13 January 2014

Bahaya Kolesterol dan lemak




Kolesterol adalah zat lemak yang dikenal sebagai lipid dan sangat penting untuk fungsi normal bagi tubuh. Ini terutama di buat oleh hati, tetapi juga dapat ditemukan di beberapa makanan yang kita makan.
Memiliki tingkat kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah (hiperlipidemia) dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Kolesterol tinggi itu sendiri tidak menimbulkan gejala apapun, namun hal itu dapat meningkatkan risiko pada kondisi kesehatan yang serius.

Fungsi kolesterol

Kolesterol dibawa dalam darah Anda bersama protein, dan ketika keduanya digabungkan disebut lipoprotein. Ada lipoprotein berbahaya dan dikenal sebagai pelindung LDL dan HDL, atau kolesterol jahat dan baik.

LDL (Low density lipoprotein): LDL membawa kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkannya. Jika terdapat terlalu banyak kolesterol di sel untuk digunakan, dapat membangun di dinding arteri dan akan menyebabkan penyakit pembuluh darah. Karena alasan ini, kolesterol LDL dikenal sebagai "kolesterol jahat".

HDL (High-density lipoprotein): HDL adalah jenis kolesterol yang membawa kolesterol jahat (LDL kolesterol), dari sel kembali ke hati. Karena alasan ini, HDL kolesterol disebut sebagai "kolesterol baik" .

Jumlah kolesterol dalam darah (baik LDL dan HDL) dapat diukur dengan tes darah. Tingkat kolesterol yang direkomendasikan dalam darah bervariasi antara orang dewasa yang sehat dan mereka yang memiliki risiko tinggi terhadap suatu penyakit.

No comments:

Post a Comment